Bisnis kuliner bukan lagi hal yang asing didengar. Pada tanggal 11 Oktober Bapak John Bojono
Indrajaya memberikan materi tentang pengalamannya dalam merintis bisnis
restoran Rasane Seafood.
Rasane Seafood dan Ikan Bakar berdiri sejak
bulan Agustus tahun 2002 di sebuah ruko kecil di Taman Ratu, Jakarta
Barat. Pada tahun 2005, Rasane mulai membuka cabang pertamanya di Taman
Palem Lestari dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan cabang Puri
Indah pada pertengahan tahun 2006. Rasane Taman Ratu kemudian direlokasi
ke Greenville sedangkan Rasane Taman Palem Lestari ke Citra Garden 6.
Kemudian pada tahun 2009 Rasane membuka cabang di Kelapa Gading, Citra
Garden 1 dan Surabaya. Cabang terbaru Rasane di Alam Sutera baru saja
buka pada awal Agustus tahun ini. Sehingga saat ini Rasane telah
mempunyai 6 cabang di Jakarta yaitu Rasane Puri Indah, Greenville, Citra
Garden 6, Citra Garden 1, Kelapa Gading, dan Alam Sutera. Sedangkan di
Surabaya, saat ini Rasane baru mempunyai 1 cabang yaitu di Jl. HR.
Muhammad.
Berawal dari kecintaan akan masakan seafood sejak
kecil dan pengalaman hunting masakan seafood di seluruh Jakarta bahkan
seluruh Indonesia mendorong John B Indrajaya, pendiri Rasane untuk
membuka sebuah restoran seafood yang menyajikan seafood dengan kualitas
terbaik dari sumber-sumber laut seluruh Indonesia. Konsep yang diusung
adalah restoran seafood dengan cita rasa khas Indonesia, selalu
menyajikan seafood yang paling segar bahkan hidup, ruangan yang selalu
bersih dan nyaman, layanan cepat dan ramah dengan suasana santai, hangat
dan memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat kota besar Indonesia.
Menurutnya
terdapat 5 key points dalam membuka
bisnis restoran yaitu segmentasi, lokasi, menu, raw material dan supply chain,
operasi dan servis.
Strategi dalam menjalankan bisnis restoran yaitu
dengan (1) pemasaran yaitu dengan diferensiasi produk; (2) melakukan promosi
melalui media cetak dan elektronik, memberikan diskon, udangan, atau voucher
pada hari biasa; (3) membuat konsep baru misalnya dengan lokasi yang lebih baik
dan luas; (4) pengembangan outlet dengan partnership
dan atau franchise; (5) perbaikan
yang kontinu dalam produk, jasa, operasi, dan SDM. Dalam mengembangkan SDM,
pemilik juga harus mengetahui proses pembuatan makanan sehingga dapat melatih
koki baru, pemberian kompensasi dan bonus akhir tahun, mengadakan karyawisata, hunting ke restoran lain untuk
mempelajari menu, cara penyajian, layanannya, dan sebagainya. Rasane
menyediakan pelatihan baik di kelas maupun kerja praktek langsung di
cabang-cabang Rasane untuk memastikan setiap karyawan siap memberikan layanan
terbaik untuk pelanggan Rasane. Pelatihan yang diberikan mulai dari pengetahuan
tentang kebersihan diri dan higienitas dalam memproses makanan, pengetahuan
jenis-jenis seafood dan menu, proses kerja sampai dengan pelayanan pelanggan.
Rasane bekerjasama dengan beberapa konsultan restoran profesional untuk
memastikan kualitas pelatihan yang diberikan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar