Sabtu, 03 Desember 2011

Rasane Seafood

Bisnis kuliner bukan lagi hal yang asing didengar. Pada tanggal 11 Oktober Bapak John Bojono Indrajaya memberikan materi tentang pengalamannya dalam merintis bisnis restoran Rasane Seafood

Rasane Seafood dan Ikan Bakar berdiri sejak bulan Agustus tahun 2002 di sebuah ruko kecil di Taman Ratu, Jakarta Barat. Pada tahun 2005, Rasane mulai membuka cabang pertamanya di Taman Palem Lestari dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan cabang Puri Indah pada pertengahan tahun 2006. Rasane Taman Ratu kemudian direlokasi ke Greenville sedangkan Rasane Taman Palem Lestari ke Citra Garden 6. Kemudian pada tahun 2009 Rasane membuka cabang di Kelapa Gading, Citra Garden 1 dan Surabaya. Cabang terbaru Rasane di Alam Sutera baru saja buka pada awal Agustus tahun ini. Sehingga saat ini Rasane telah mempunyai 6 cabang di Jakarta yaitu Rasane Puri Indah, Greenville, Citra Garden 6, Citra Garden 1, Kelapa Gading, dan Alam Sutera. Sedangkan di Surabaya, saat ini Rasane baru mempunyai 1 cabang yaitu di Jl. HR. Muhammad.

Berawal dari kecintaan akan masakan seafood sejak kecil dan pengalaman hunting masakan seafood di seluruh Jakarta bahkan seluruh Indonesia mendorong John B Indrajaya, pendiri Rasane untuk membuka sebuah restoran seafood yang menyajikan seafood dengan kualitas terbaik dari sumber-sumber laut seluruh Indonesia. Konsep yang diusung adalah restoran seafood dengan cita rasa khas Indonesia, selalu menyajikan seafood yang paling segar bahkan hidup, ruangan yang selalu bersih dan nyaman, layanan cepat dan ramah dengan suasana santai, hangat dan memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat kota besar Indonesia.

Menurutnya terdapat 5 key points dalam membuka bisnis restoran yaitu segmentasi, lokasi, menu, raw material dan supply chain, operasi dan servis.






Strategi dalam menjalankan bisnis restoran yaitu dengan (1) pemasaran yaitu dengan diferensiasi produk; (2) melakukan promosi melalui media cetak dan elektronik, memberikan diskon, udangan, atau voucher pada hari biasa; (3) membuat konsep baru misalnya dengan lokasi yang lebih baik dan luas; (4) pengembangan outlet dengan partnership dan atau franchise; (5) perbaikan yang kontinu dalam produk, jasa, operasi, dan SDM. Dalam mengembangkan SDM, pemilik juga harus mengetahui proses pembuatan makanan sehingga dapat melatih koki baru, pemberian kompensasi dan bonus akhir tahun, mengadakan karyawisata, hunting ke restoran lain untuk mempelajari menu, cara penyajian, layanannya, dan sebagainya. Rasane menyediakan pelatihan baik di kelas maupun kerja praktek langsung di cabang-cabang Rasane untuk memastikan setiap karyawan siap memberikan layanan terbaik untuk pelanggan Rasane. Pelatihan yang diberikan mulai dari pengetahuan tentang kebersihan diri dan higienitas dalam memproses makanan, pengetahuan jenis-jenis seafood dan menu, proses kerja sampai dengan pelayanan pelanggan. Rasane bekerjasama dengan beberapa konsultan restoran profesional untuk memastikan kualitas pelatihan yang diberikan baik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar